Sabtu, 23 Agustus 2008

Baca Kepribadian dari Tulisan Tangan Kamu

Salah satu assesment kepribadian yang paling aku suka adalah grafologi, grafologi itu ilmu membaca kepribadian seseorang dari tulisan tangan, dibandingin tes rorsahch (tuliasanya salah neh) yang gak jelas normanya (yang ngajar juga gak jelas..bu Lisa banget)yang teryata buat orang neurotik, tes ini mudah banget,.bahkan buat orang2 di luar psikologi bisa mengerti,.

Grafologi adalah ilmu yang serius, tetapi juga ilmu yang disenangi banyak orang sebagai hobi. Sifatnya edukasional sekaligus menyenangkan. Dapat membuat kita berjam-jam memperoleh kegembiraaan ketika rahasia-rahasia kehidupan seseorang terungkap dihadapan kita melalui tulisan tangan mereka. Manusia tidak akan menyerah dalam usaha memahami dirinya sendiri. akibatnya ketika ketika menganalisis tulisan tangan seseorang , orang itu akan tertarik kepada kita. Meraka tidak akan melupakan kita dan analisa kita itu. Grafologi dalam hal ini menciptakan ikatan antar pribadi yang permanen.

Pikiran, emosi sesaat bisa muncul dalam tulisan tangan. Tulisan tangan mencerminkan keadaan kepribadian seseorang. misalnya zona tulisan yang cenderung kebawah mengindikasikan subjek memiliki dorongan seksual yang kuat (salah satu subjekku dulu ada yang punya ciri kayak gini...(^_^)), da juga tekanan tulisan, kalau tekanannya lemah, subjek memiliki sifat simpatik dan sopan juga berminat dalam bidang seni. Kita paling sering melihat tulisan yang miring ke kiri atau kekanan, ini juga ada artinya, kalau ada tulisan subjek yang miring kekiri, interpretasinya subjek ini orang yang pemalu dan introvert, kalau kkanan berati menunjukan sikap santai terhadap orang lain atau kejadian. Huruf kapital juga dilihat, misalnya kapital yang kecil berati subjek tidak percaya diri, kalau kapital besar interpretasinya subjek bangga dengan diri sendiri, istilah kita sekarang yaitu narsis..yang gak kalah penting juga ukuran tulisan, ukuran tulisan yang kecil mengindikasikan subjek mempunyai kecedasan diatas rata2, bisa juga orang yang introvert dan tidak percaya diri, kalau tulisan besar, subjek orang yang bersemangat, percaya diri ,memiliki fisik dan mental yang baik. Naaa tandatangan juga penting, kalau tandatangan subjek kecil interpretasinya subjek sangat rendah hati bahkan inferior, kalau besar berati, ia memiliki percaya diri yang tinggi, ada juga tanda tangan simbolik, maksudnya subjek menambahkan gambar atau bantuk2, yang berati subjek berdedikasi terhadap bakat dan karir, bisa juga orang yang suka berpura-pura, kadang ada orang yang menambahkan lambang Love ini berati ia memiliki disposisi cengeng dan sentimental.

Selain membaca kepribadian seseorang, grafologi juga berguna di bidang lain diluar psikologi misalnya asesmen bakat. tulisan tangan dapat mengungkap apakah subjek memiliki kecocokan alamiah untuk pekerjaan diluar ruangan seperti kantor organisasi dan manajemen atau apakah mereka memeiliki bakat kreatif untuk menjadi jurnalis advertensi atau musik. Guru sebetulnya perlu memehami tentang grafologi, khususnya sebagai analisis tulisan tangan siswa yang mungkin menunjukan adanya frustasi dan gangguan mental.

Tulisan tangan berasal dari otak dan berbagai variasi kesehatan akan tanpak dari berbagai variasi bentuk tulisan tangan normal. penting kalau kita tahu bahwa tulisan tangan yang bagus tidak berarti otaknya juga bagus dan tulisan tangan yang jelek berati otaknya jelek (kaya tulisannya dokter), perubahan bentuk dan gaya tulisan tangan normal seseoranglah yang menjadi indikasi perubahan kesehatannya. Perubahan sementara berarti perubahan suasana hati dan perubahan permanen berati peruabhan permanen dalam kesehatan. Teryata grafologi juga penting buat pasangan, seperti dalam interview jabatan, para calon menampilkan wajah terbaiknya sebelum menikah dan disadari atau tidak mereka menyembunyikan kelemahanya. analisis tulisan tangan bukan hanya bisa mengungkap kelemahan mereka, tetapi juga dapat mengungkap sifat2 tersembunyi. Dengan grafologi ini pasangan dapat saling menganalisis karakter pertnernya dan mendiskusikan persamaan dan perbedaan yang terungkap..wah pasangan yang cerdas yaa..

Grafologi ini gak cukup buat dihafal soalnya kunci analsisnya banyak banget ada 14 kunci faktor, trus kunci trait yang jumllahnya ada 101 karakter trus ada kunci huruf A-Z huruf kapital dan huruf kecil. Yang penting latihan, gak perduli tulisanya siapa, yang bagus ya tulisanya orang yang kamu senengin, sapa tau aja tulisanya zona bawah dominan..(hihi..syerem juga), sebenarnya grafologi ini memiliki kenangan buruk waktu kuliah, soalnya yang ngajar mata kuliah ini pak AG (alwi gateli, katanya Tegas)..upss maap deh pak abis ni kan jadi dosenku lagi...

Tidak ada komentar: